Senin, 25 Januari 2016

Rute Perjalanan Menuju candi Dieng banjarnegara dan wonosobo

Setelah kami berkunjung ke telaga menjer yang begitu indah, destinasi selanjutnya yaitu ke candi deing. Candi dieng tersebut merupakan deretan candi hindu yang terletak di dataran tinggi dieng. Di kawasan tersebut terdapat 4 bangunan candi yang masih berdiri kokoh.
Pada waktu itu kami mengunjungi candi tersebut pada tanggal 31 agustus 2015 dan bertepatan dengan acara Dieng Culture Carnival. Acara tersebut merupakan acara tahunan bertema kebudayaan yang digelar oleh pemerintah setempat .
 kebetulan pada saat itu di kawasan komplek candi sedang ada ritual pemotongan rambut gimbal. Ritual pemotongan rambut gimbal tersebut merupakan acara pemotongan rambut gimbal anak kecil dan setelah di potong lalu anak keci tersbut di suruh meminta sesuatu kepada orang tuanya. Apabila permintaanya tidak dituruti maka konon cerita rambutnya akan gimbal lagi.
Karena kami ketika mengunjungi candi tersebut bertepatan dengan acara tersebut untuk biaya tiket masuk gratis. Namun sebenarnya untuk harga tiket masuk ke kawasan candi tersebut adalah 10.000 rupiah per orang. Tiket tersebut juga bisa di gunakan untuk masuk ke wisata kawah sikidang di dieng.
Kawasan komplek candi tersebut tidak hanya menyuguhkan pemandangan candi, di tempat tersebut juga di lengkapi dengan taman sekaligus lapangan sebagai tempat pertunjukan. Waktu saya berkunjung ke tempat tersebut sedang ada acara jazz di atas awan yang di selenggarakan di lapangan komple candi dieng.

Bagi anda yang suka berburu oleh oleh khas dieng di seitaran juga banyak kios yang menjual makanan khas dieng seperti carica, kentang goreng dan juga kacang dieng. Selain makanan khas dieng, cinderamata khas dieng pun tak kalah menariknya seperti bunga edelwis atau biasa orang menyebut bunga abadi. Dan juga terdapat kaos hingga penutupkepala yang bertuliskan dieng yang bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan setelah anda berkunjung ke dieng.
DI kawasan candi tersebut juga biasanya ada badut ataupun seorang yang menyamar menjadi tokoh legenda untuk bisa di ajak foto bersama. Biasa orang membayar dengan sukarela jika ingin berfoto bersama. Dan bagi anda yang tidak membawa kamera di tepat ini juga terdapat jasa pemotretan dan langsung jadi.

Di kawasan komplek candi dieng tersebut juga terdapat jalan setapak yang menghubungkan ke tempat wisata lainya seperti dieng teater hingga telaga telaga kecil yang bearada tidak jauh dari komplek candi tersebut.
Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika pagi hingga siang hari, karena pada waktu sore biasanya tempat ini di selimuti oleh kabut dan sering kali hujan.

1 komentar: